Info Cantik

4 Hal yang menjadikan Haid Tidak Teratur

Ada banyak hal yang menjadikan siklus Haid tidak teratur .Haid yang tidak teratur adalah salah satu masalah reproduksi yang banyak dialami wanita. Masalah ini tidak bisa dianggap enteng, dan harus segara dicari penyebabnya agar bisa diatasi. Penyebabnya adalah:

Obat alergi

“Salah satu pemicu tidak teraturnya siklus haid adalah konsumsi obat alergi," kata Dr. Booth seperti ditulis di The Venus Week. Steroid yang dikonsumsi secara oral memang dapat menekan munculnya alergi dan sistem imunitas dan bisa menghambat siklus haid.

Racun
Paparan racun dari lingkungan juga bisa membuat siklus haid tidak teratur. Hal itu karena racun bisa mengganggu keseimbangan hormon dan berdampak pada ketidakteraturan haid. Untuk mengatasinya, kurangi mengonsumsi makanan kaleng dan cepat saji. perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung antioksidan tinggi.

Rokok dan alkohol
Jika Anda termasuk perokok, bersiap-siaplah karena menopause bisa menjadi lebih cepat dan siklus haid cenderung tidak teratur. Racun dari rokok berdampak negatif pada indung telur (ovarium) Anda dan sistem sirkulasinya. Menurut penelitian, wanita yang merokok akan menopause lebih cepat dua tahun dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok.

Minum alkohol juga menjadi penyebab haid tidak teratur. Bagi wanita yang minum alkohol lebih dari lima kali dalam seminggu, kesuburannya akan menurun. Polifrnol dalam anggur merah memang baik bagi kesehtan tetapi tidak untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Berat badan dan lemak yang kurang
Berat badan yang kurang juga bisa memicu haid tidak teratur. Apalagi jika kadar lemak dalam tubuh kurang dari 15% bobot tubuh. Hal tersebut akan membuat kadar leptin dalam darah menurun dan berpengaruh pada ketidakstabilan hormon dan membuat haid menjadi tidak teratur.

Share

DiggTwitterFacebookRSS

0 komentar:

Post a Comment

 
Home | Publiser | Gratisan | Intim | Nggosip
Copyright © 2009 POTRET |Designed by Templatemo |Converted to blogger by Template Pow